Mengintip Jadwal dan Budaya Kerja Orang Jepang

blank

Budaya kerja orang Jepang sebenarnya tak jauh beda dengan budaya kerja di negara lain. Namun ada citra bahwa karyawan Jepang merupakan pribadi yang serius dan pekerja keras dalam bekerja. Sebenarnya bagaimana orang Jepang bekerja sehari-hari ya?

Umumnya warga Jepang bekerja dari Senin hingga Jumat, rutinitasnya mulai dari pagi hari hingga sore hari. Yuk intip bagaimana orang Jepang bekerja, mulai dari persiapan berangkat, kerja di kantor, hingga pulang ke rumah.

Budaya Kerja di Jepang – Berangkat Jam 8 Pagi

Budaya kerja orang Jepang

Di kota-kota besar seperti Tokyo, orang Jepang berangkat ke kantor menggunakan kereta api. Karena alasan inilah rush hour atau jam sibuk terjadi antara pukul 8 – 9 pagi, sebab di jam tersebut kebanyakan penumpang merupakan pekerja dan anak sekolahan.

Selama perjalanan menuju kantor, biasanya orang Jepang akan fokus dengan ponsel mereka. Biasanya mereka mencari informasi, mendengar musik, menjelajah web, hingga menonton video. Ada pula yang memanfaatkan waktu berangkat ke kantor untuk istirahat sejenak dan tidur kembali.

Bekerja di Kantor – Jam Pertama

blank

Permulaan kerja tiap kantor berbeda antara satu sama lain. Untuk kantor dengan sistem full time, karyawan biasanya mulai bekerja jam 9 pagi. Sedangkan perusahaan yang menerapkan sistem shift punya jam kerja berbeda tergantung dengan jadwal karyawan.

Jepang sudah lama menerapkan nilai kerja seseorang dari kualitas dan kuantitas kerja. Ada pepatah yang mengatakan bahwa orang Jepang harus melakukan ‘kuuki wo yomu’ atau ‘membaca situasi dan suasana’. Dengan kata lain, mereka harus mengutamakan kepentingan kelompok dibanding kepentingan individu.

Budaya Kerja di Jepang – Istirahat Makan Siang

blank

Biasanya perusahaan Jepang akan melakukan istirahat makan siang dari jam 12 hingga 1 siang. Di jam tersebut, biasanya karyawan akan membeli makan siang, baik makan di resto luar kantor atau di kafetaria milik perusahaan. Budaya kerja di Jepang biasanya membebaskan karyawannya untuk istirahat di jam ini.

Di Jepang, makan siang dinilai penting untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari pekerjaan. Tak ada aturan mengenai jam makan siang atau istirahat, karena itu karyawan biasanya menghabiskan waktu sendiri atau bersama rekan kerja lainnya. Jika waktu istirahat sudah habis, mereka akan kembali ke kantor untuk bekerja.

Bekerja di Kantor – Jam Kedua

Budaya kerja orang Jepang

Setelah makan siang, karyawan akan kembali ke meja kerjanya untuk bekerja. Mereka akan bekerja hingga waktu pulang datang, biasanya antara jam 5 – 6 sore. Ada semacam budaya di Jepang bahwa semua karyawan wajib melakukan lembur dan tak boleh pulang lebih awal.

Namun belakangan sistem ini sudah mulai dikurangi, sehingga kalian bisa langsung pulang ketika jam kantor sudah selesai. Dengan jadwal kerja yang lebih baik, keseimbangan antara pekerjaan dan hidup bisa berlangsung dengan lebih sehat dan seimbang.

Pulang ke Rumah – Jam 5-6 Sore

blank

 

Karyawan perusahaan akan pulang dari kantor antara jam 5-7 sore. Kadang banyak dari mereka yang tak langsung pulang ke rumah, tapi mampir terlebih dahulu ke suatu tempat. Karena belakangan banyak karyawan yang mementingkan kesehatan, gym dan pusat kebugaran menjadi tempat andalan tujuan.

Selain gym, ada pula yang datang ke restoran atau tempat minum untuk bersantai. Meski sudah berkurang, namun pesta minum atau nomikai bersama rekan kerja masih sering ditemui. Setelah selesai, biasanya karyawan akan pulang ke rumah menjelang tengah malam.

Begitulah bagaimana karyawan di Jepang bekerja setiap harinya. Jangan khawatir, budaya kerja orang Jepang juga memiliki waktu libur. Kalian bahkan bisa mengambil cuti berbayar yang sudah perusahaan siapkan.