Mengenal 8 Prinsip Bushido Sebagai Budaya Jepang

Prinsip modern orang jepang

Jepang terkenal dengan budaya dan nilai-nilai kehidupan yang sudah banyak masyarakatnya terapkan. Salah satu prinsip yang terkenal di Jepang adalah prinsip Bushido. Bushido adalah prinsip kehidupan yang berasal dari nilai-nilai moral atau kode etik samurai. Bushido sendiri memiliki arti sebagai tata cara ksatria.

Ada berbagai alasan kenapa seseorang harus menerapkan Bushido dalam hidupnya. Prinsip hidup ini akan membuat seseorang merasa lebih berani, pantang menyerah, dan bertanggung jawab.

Daftar Poin Prinsip Bushido Jepang Sebagai Teladan

Prinsip Bushido Samurai

Penerapan prinsip ini bisa kamu lihat dari sikap masyarakat Jepang yang pantang menyerah dan mudah bangkit saat ada musibah atau kemalangan. Saat kalah di masa perang dunia dulu, Jepang dapat bangkit dan membuktikan dirinya mampu sebagai negara maju di Asia. Lantas, apa saja prinsip Bushido yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Ini dia daftarnya.

  • Kebaikan – Gi

Poin Bushido yang ini mengajarkan manusia untuk senantiasa berbuat baik dan jujur dalam setiap tindakannya. Ketika seseorang berbuat jujur, niscaya kebaikan dalam hati akan lahir dalam dirinya.

  • Keberanian – Yu

Keberanian dalam Bushido bukanlah keberanian untuk mengangkat senjata atau berkelahi. Keberanian dalam hidup ini bermakna sebagai sikap tidak mudah hancur dan cepat bangkit saat berada dalam musibah.

  • Kejujuran – Makoto

Jujur bukan hanya dalam konteks tidak berbohong saja. Dalam prinsip Bushido ini, jujur juga berarti menepati janji dan sumpah yang pernah kamu ucapkan selayaknya sosok samurai Jepang.

  • Rasa Hormat – Rei

Bagi orang lain, kehormatan adalah sesuatu yang patut untuk jadi bahan menyombongkan diri dan kebanggaan. Namun, dalam Bushido ini rasa hormat bermakna sebagai sopan dan santun terhadap orang lain agar nyaman dengan pribadi kamu.

  • Kemurahan Hati – Jin

Prinsip yang satu ini Telah dibuktikan oleh para samurai dengan sifat kasih dan suka menolong. Dalam prinsip samurai, seseorang harus memiliki sifat empati tinggi sebagai bentuk kemurahan hati.

  • Kehormatan – Meiyo 

Perbedaan prinsip bushido Meiyo dengan prinsip Rei (rasa hormat) adalah cara mengambil keputusan. Para samurai meyakini jika kehormatan akan muncul saat seseorang mengambil keputusan dalam aktivitasnya. 

  • Kesetiaan – Chugi

Samurai banyak masyarakat dunia kenal sebagai sosok yang setia dan bertanggung jawab pada pemimpinnya. Dalam Bushido, seseorang harus mampu bertanggung jawab terhadap kewajiban yang ia miliki, contohnya dalam hal pekerjaan. Akan tetapi, poin ini juga berlaku dalam setiap aspek kehidupan, bukan hanya pekerjaan saja.

  • Kontrol Diri – Jisei

Bagi samurai, kekuatan besar akan sia-sia jika mereka tak memiliki kontrol diri. Oleh karena itu, samurai harus bisa menjaga sikap dan tindakan dalam setiap perbuatan. Prinsip bushido ini mengajarkan kamu agar selalu bisa mengendalikan emosi diri.

Penerapan Bushido dalam Kehidupan Modern

Prinsip modern orang jepang

Secara tak sadar, banyak dari manusia yang telah menerapkan Bushido dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, masyarakat Jepang senantiasa menerapkan prinsip keberanian atau Yu dalam kehidupan mereka sebagai bentuk sikap pantang menyerah. 

Meski sering mengalami bencana gempa dan tsunami, masyarakat di sana tak pernah menyerah dan cepat untuk bangkit. Selain itu, ada juga prinsip kesetiaan atau chugi yang masih sangat teguh sifatnya bagi penduduk di Negeri Matahari itu. Mereka selalu bertanggung jawab terhadap tugas dan pekerjaan sehingga Jepang berhasil menjadi negara maju di Asia.

Demikian penjelasan dari macam-macam poin prinsip bushido yang telah dianut oleh masyarakat Jepang dari era samurai hingga zaman modern seperti sekarang. Tak ada salahnya bagi kamu untuk menerapkan prinsip dan budaya Jepang ini dalam kehidupan sehari-hari.