Liburan Anti Mainstream di 5 Situs Warisan Budaya Jepang

blank

Warisan budaya Jepang tak hanya berupa kultur dan adat istiadat, tapi juga bangunan kuno yang indah dan memikat. Selain terkenal karena anime-nya, Jepang juga menarik turis-turis luar negeri ke tempat wisata tradisional seperti ini.

UNESO sudah mendaftar 20 situs di Jepang yang termasuk dalam warisan budaya. Kamu belum ada rencana kemana saat ke Jepang nanti? Pertimbangkan untuk datang ke situs warisan budaya ini ya.

Rekomendasi 5 Situs Warisan Budaya Jepang Paling Terkenal

warisan budaya jepang

1. Desa Bersejarah Shirakawa-go dan Gokayama

Di pegunungan Prefektur Gifu dan Toyama ada area terpencil yang masuk warisan budaya dunia, yakni desa bersejarah Shirakawa-go dan Gokayama. Kalian yang mengunjungi tempat ini akan melihat keindahan salju putih yang menutupi rumah-rumah.

Mengunjungi desa bersejarah ini memang bagus di musim dingin, tapi bukan berarti kalian tak bisa datang di hari lain. Kalian bisa berkunjung di musim panas dan melihat bagaimana bunga-bunga khas lokal bemekaran dengan indah.

2. Monumen Bersejarah Kyoto Kuno

Sebelum pindah ke Tokyo, Kyoto adalah ibu kota Jepang. Tak heran ada banyak spot wisata yang penuh dengan budaya asli Jepang disana. Kalau kalian ingin melihat bagaimana keadaan Jepang di masa lampau, Kyoto adalah kota terbaik yang bisa kalian kunjungi.

Di Kyoto ada banyak situs warisan budaya Jepang yang terbuka untuk umum. Misalnya monument bersejarah Kyoto kuno yang berisi kuil-kuil. Ada kuil agam Shinto, kuil Budha, hingga kastil-kastil milik kekaisaran di masa lampau. Rekomendasi tempat yang bisa kalian datangi adalah Kiyomizu-dera yang terkenal.

3. Kuil Itsukushima

Kuil memang tak bisa lepas dari budaya Jepang, tak heran kalau kamu menemukan tempat wisata kuil yang indah disana. Salah satu yang populer dan sayang kalau kamu lewatkan adalah kuil Itsukushima yang ada di Miyajima. Kuil Shinto ini punya pemandangan menakjubkan berupa tori yang mengambang.

Datanglah ketika air laut sedang pasang dan kalian akan melihat pemandangan arsitektur yang indah, seolah tori Kuil Itsukushima mengambang diatas laut Gunung Misen. Ada hutan hijau dan laut biru cantik sebagai background, membuatnya nyaris seperti lukisah hidup.

4. Hiroshima Peace Memorial

Rekomendasi wisata situs warisan budaya Jepang berikutnya adalah Hiroshima Peace Memorial. Lebih dikenal dengan nama genbaku dome atau kubah bom, Hiroshima Peace Memorial terletak di jantung kota Hiroshima. Situsnya merupakan struktur bangunan yang tersisa dari ledakan bom atom Hiroshima oleh Amerika pada 6 Agustus 1945.

Jika kalian datang pada hari tersebut, upacara peringatan perdamaian dilakukan oleh pemerintah setempat. Dalam ucapara tersebut tiap orang datang untuk menghibur dan mengingat jiwa jiwa yang gugur dalam ledakan dahsyat tersebut. Situs ini menjadi simbol perdamaian dunia dan cocok untuk kalian yang suka sejarah.

5. Gunung Fuji

Jepang pasti sering diasosiasikan dengan Gunung Fuji. Gunung berapi cantik tertinggi di Jepang ini dianggap sebagai tempat suci oleh masyarakat Jepang. UNESCO menetapkan gunung ini sebagai warisan budaya alih-alih warisan alam.

Sebabnya karena Gunung Fuji telah menginspirasi banyak pekerja seni serta penulis puisi. Gunung Fuji juga menjadi objek ziarah yang terus dikunjungi selama berabad-abad. Jika kalian tertarik mengunjungi Gunung Fuji, datanglah di musim panas pada bulan Juli hingga September.

Dari berbagai situs warisan budaya Jepang ini, mana yang ingin kalian kunjungi lebih dulu? Ingat untuk tetap menjaga tata krama dan sopan santun ketika datang kesana ya.