Review Anime Gosick, Anime Misteri dan Kisah Cinta

blank

Gosick memang bukan anime populer dan dikenal oleh banyak orang. Ia jenis anime miss or hit; suka atau tidak sama sekali, dengan trope misteri dan romansa. Kali ini review anime Gosick akan mengisi rubric review khusus untuk kalian yang masih maju mundur untuk menontonnya.

Gosick merupakan series anime misteri, romansa dan drama 24 episode yang rilis di musim semi 2011 oleh sudio Bones. Mengisahkan seorang gadis berambut emas bernama Victorique de Blois yang mirip boneka dan Kazuya, seorang siswa pindahan dari Jepang. Keduanya memecahkan berbagai misteri sekaligus mencoba memahami perasaan satu sama lain.

Plot Anime Gosick

review anime gosick

Kazuya, murid pindahan asal Jepang yang ditransfer ke sekolah di Amerika bertemu dengan Victorique. Pertemuan mereka juga berlangsung secara tak sengaja, yakni ketika Kazuya masuk ke perpustakaan sekolah dan menemukan kebun indah di bagian puncaknya.

Victorique sendiri adalah pribadi yang mudah marah, ia sering melempar tantrum pada Kazuya ketika bosan. Tapi sifatnya akan berbeda ketika ia menangani suatu kasus, Victorique akan berubah jadi gadis jenius yang bisa menuntaskan berbagai misteri.

Premis anime ini cukup sederhana, keduanya kemudian menyelesaikan berbagai misteri bersama ala Sherlock Holmes dan Dr. Watson. Mulai dari kasus kecil-kecilan yang terjadi di sekitar sekolah hingga kasus besar berupa legenda yang terkutuk.

Semakin cerita berjalan, latar belakang kisah Victorique yang tragis akan terungkap. Bagaimana ia terjebak di dalam perpustakaan, punya tubuh pendek bak boneka, dan kehidupan dan keluarganya, serta alasannya untuk menyelesakan misteri. Penonton akan tahu bagaimana Victoriuque menyelesaikan berbagai kasus misteri sekaligus memahami bagaimana perasaannya.

Grafis dan Musik yang Memikat

blank

Review anime Gosick selanjutnya adalah aspek grafis, yang cukup indah untuk anime keluaran tahun 2011. Bones cukup konsisten memberikan art yang indah, baik untuk background cerita hingga detail pada karakter. Untuk anime dengan tokoh seorang loli, Gosick mendapatkan grafis yang cukup mumpuni.

Bagaimana dengan background music? Tak berbeda jauh. Sebagai anime yang membawa tema victorian-era dan gothic, soundtrack yang ada membuat tiap scene tampak hidup. Banyak yang memuji Gosick di aspek ini karena menawarkan BGM soundtrack yang sejalan dengan tema.

Perkembangan Cerita dan Ulasan Plot

blank

Kalau kalian sudah berpengalaman dengan kisah-kisah anime misteri, mungkin Gosick tak begitu menarik minat kalian. Di awal cerita hingga pertengahan, anime ini kuat menawarkan misteri yang khas dengan penjelasan yang ringkas dan jelas. Namun seiring waktu, kalian mungkin akan merasa misteri yang ada di anime ini hanya itu-itu saja.

Apalagi untuk menyelesakan misteri, Victorique rasanya terlalu imba. Ia tak pernah datang ke lokasi dimana misteri berlangsung, kadang hanya mengetahui penjelasannya lewat orang ketiga, seperti Kazuya atau kakaknya, namun bisa dengan mudah dan tepat menjawab misteri dan kasus tersebut.

Kombinasi duet antara Kazuya dan Victorique rasanya juga tak memuaskan. Kazuya yang selalu mengeluh dan Victoqiue yang bossy dan sedikit-sedikit marah mungkin akan membuat kalian sebal sendiri sepanjang menonton serinya.

Namun bukan berarti Gosick bukan anime yang tak bisa kalian nikmati. Terlepas dari genre dan perkembangan plotnya, anime ini tetap menawarkan story yang menarik. Untuk kalian yang baru mulai menonton anime misteri, Gosick bisa jadi awalan yang tepat.

Kalian yang ingin menonton anime ini, semoga review anime Gosick diatas membantu. Sebagai anime yang awalnya memberikan premis school life – misteri menjadi romance – misteri, ia tetap tontonan yang menarik buat diikuti.