Apa Itu Anime Jepang, Sejarah, dan Kelebihannya

Apa Itu Anime, Sejarah, dan Kelebihannya

Apa Itu Anime, Sejarah, dan Kelebihannya – Anime adalah sebuah karyawa animasi berupa gambar yang tersaji dalam sebuah film. Kini anime sudah semakin terkenal hingga ke penjuru dunia. Anime berasal dari istilah animation dari bahasa Inggris yang berarti animasi. Istilah anime lebih tertuju pada Jepang dengan teknik tradisional berupa atau teknik menggambar dengan tangan.

Ada banyak sekali anime Jepang dari berbagai genre. Di dalamnya juga menggunakan nama-nama dan karakter dari Jepang. Seperti halnya Uzumaki Naruto, Roronoa Zoro, Ichigo Kurosaki, Rurouno Kenshin, Uchiha Sasuke, dan lain sebagainya. Seiring perkembangan zaman, sekarang anime Jepang memiliki perpaduan dengan budaya barat dan negara lainnya.

Sejarah Anime Jepang

Apa Itu Anime, Sejarah, dan Kelebihannya

Anime berawal dari “Katsudo Shashin” yang berarti gambar bergerak. anime singkat berdurasi tiga detik dibuat pada tahun 1907 dan stripnya baru ditemukan pada tahun 2005. Terdapat rentetan gambar anak laki-laki yang menulis, melepas topi, dan memberi hormat. Film anime Jepang lahir pada satu dekade kemudian saat Oten Shimokawa menciptakan Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki.

Proses pengerjaan dalam membuat anime tersebut kurang lebih membutuhkan waktu 6 bulan. Sepuluh tahun berlalu, Amerika juga membuat film animasi bermusik latar, begitu juga dengan Jepang yang membuat animasi musik berlatar di tahun 1927.

Di tengah-tengah terjadinya Perang Dunia II, Mitsuyo Seo memproduksi sebuah film anime propaganda hasil adaptasi cerita legenda terkenal Jepang. Anime tersebut berjudul Momotaro no Umiwashi yang menjadi anime pertama dengan durasi lebih dari 30 menit.

Masuknya Anime Jepang ke Indonesia

Anime yang pertama kali beredar secara luas di Indonesia yaitu Wanpaku Omukashi Kumu pada tahun 1970-an. Anime yang satu ini disiarkan setiap sore di channel TVRI pada kala itu dengan total 26 episode. Dengan adanya teknologi VCR, VHS, dan Betamax Player era 1980 menjadikan anime semakin populer di Indonesia dengan kualitasnya yang lebih baik.

Sempat alami kebangkrutan dari distributor anime Indonesia di tahun 1980-an. Namun semenjak kemunculan stasiun televisi baru, anime kembali eksis di Indonesia tahun 1990-an. Salah satunya Indosiar yang cukup populer dalam menyiarkan anime seperti Dragon Ball dan anime lainnya.

Setelah tahun 2010-an, anime mulai kembali hilang di pertelevisian Indonesia. Beberapa harus mengalah karena sinetron dan FTV yang lebih laris secara rating, sehingga membuat anime tidak tayang. Meski ada beberapa anima yang tayang hingga sekarang ini, namun tak selaris di era 90-an.

Kelebihan Anime Jepang

Adanya anime memberikan warna baru bagi kalangan masyarakat, terutama untuk anak-anak. Anime mampu memberikan hiburan yang menarik dan seringkali membawa kebahagiaan ketika melihatnya. Kalian juga dapat mempelajari bahasa baru dari budaya Jepang. Wawasan akan semakin luas karena mampu mengenal ciri khas dari negara lain.

Dengan sering melihat anime, kalian juga bisa mengasah kreativitasnya untuk menghasilkan karya sendiri. Banyak dari mereka yang sudah menciptakan anime sendiri atas kreasinya tersebut. Hal itu terinspirasi dari anime buatan jepang. Anime juga tidak hanya menyuguhkan hiburan saja, namun ada nilai edukasi yang membantu penonton untuk mencari inspirasi yang lebih luas. Seperti halnya anime naruto yang memiliki tekad kuat untuk mencapai ambisinya menjadi hokage. Dalam ceritanya ia melalui banyak rintangan hingga berhasil.

Bagi kalian yang suka dengan anime bisa menontonnya langsung. Ada banyak sekali anime dengan genre yang berbeda-beda seperti Naruto, One Piece, Boruto, dan lain-lain. Setiap anime memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pilih sesuai selera.